Virus Corona Dapat Menular Lewat Kentut, Simak Faktanya..

loading...
Di tengah wabah virus corona, muncul kabar di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa virus corona dapat menular lewat kentut.

Virus Corona Dapat Menular Lewat Kentut, Simak Faktanya..
ilustrasi
Informasi yang diunggah tersebut disertai dengan sebuah foto ilustrasi. Pengunggah mencantumkan narasi "Dokter Klaim Virus Corona COVID-19 Menular Lewat Kentut."

Setelah ditelusuri, ternyata informasi tersebut hoaks. Melalui akun resmi Instagram Jabar Saber Hoaks yang dikutip Pikiranrakyat-depok.com pada Kamis 23 April 2020, menyebutkan bahwa klaim tersebut belum terbukti secara ilmiah.

Menurut pakar kesehatan Sarah Jarvis dari Patienaccess.co meragukan klaim virus corona bisa menular melalui kentut.

Sangat kecil kemungkinan seseorang tertular virus corona lewat kentut.

Seseorang lebih mungkin terkena saat kontak dekat dengan orang yang batuk, bersin, atau memegang permukaan yang sudah ada droplet (dari orang terinfeksi).

Merujuk salah satu artikel yang berjudul "Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters" yang dilansir dari situs WHO, menyatakan virus corona adalah virus yang menyebar melalui droplet.

Droplet tersebut dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin atau melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung.

Sementara, ahli kedaruratan Australia Dr. Andy Tagg mengatakan, ada kemungkinan soal penularan melalui kentut. Apalagi, para ilmuwan telah mengonfirmasi bahwa penularan dari fecal-oral bisa terjadi.

Fecal oral adalah bentuk penularan melalui mulut dari benda, makanan, atau minuman yang terkontaminasi kotoran orang yang terinfeksi virus corona.

Namun, menurutnya hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang dapat menyimpulkan tentang bahaya virus corona dari kentut.

Berdasarkan informasi itu, dapat disimpulkan bahwa informasi yang mengklaim bahwa virus corona dapat ditularkan melalui kentut seseorang adalah tidak benar.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menyatakan kebenarannya.

Penularan virus corona yang paling mudah, melalui droplet atau tetesan yang keluar ketika seseorang batuk, bersin, dan bicara.***

sumber:depok.pikiran-rakyat.com
loading...

Subscribe to receive free email updates: